Pengertian Manajemen - B E L A J A R -><- S T A T I S T I K A

Breaking News

Post Top Ad

Selasa, 03 April 2018

Pengertian Manajemen


Pengertian Manajemen


Kata  manajemen  berasal  dari  bahasa  Latin,  dari asal  kata  manus  yang  berarti tangan dan agere yang berarti melakukan. Kedua kata tersebut digabung menjadi sebuah  kata  kerja  manage  yang  artinya  menangani.  Managere  diterjemahkan dalam bahasa Inggris dengan bentuk kata kerja to manage,  dan kata bendanya adalah management, dan manageradalah orang yang melakukan kegiatan management. Dengan demikian, manajemen mempunyai tiga unsur pokok yaitu: (1)   adanya   tujuan   yang   ingin   dicapai,   (2)   tujuan   dapat   dicapai   dengan menggunakan kegiatan orang lain, dan (3) kegiatan-kegiatan orang lain itu harus dibimbing dan diawasi.
Manajemen   bermakna  adanya  maksud  untuk  mencapai   tujuan  tertentu  dari kelompok  atau  organisasi  yang  bersangkutan.  Sedangkan  untuk  mencapainya suatu perencanaan yang baik, pelaksanaan yang konsisten dan pengendalian yang berkesinambungan,  dengan  maksud  agar tujuan yang diinginkan  dapat  tercapai dengan  efisien  dan efektif.Efisien  dapat  dikatakan  suatu  kondisi  atau  keadaan, dimana  penyelesaian  suatu  pekerjaan  dilaksanakan  dengan  benar  dan  dengan



penuh kemampuan yang dimiliki.Sedangkan efektivitas adalah suatu kondisi atau keadaan dimana dalam memilih tujuan yang hendak dicapai menggunakan sarana ataupun peralatan yang tepat, disertai dengan kemampuan yang dimiliki, sehingga tujuan yang diinginkan dapat dicapai dengan hasil yang memuaskan.
Berikut ini beberapa pengertian  manajemen menurut terminologis  yang dikemukakan para pakar manajemen, diantaranya:
Tabel 2.1PengertianManajemen

No.
Pengertian Manajemen
Pendapat

1.
Seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (The
art of getting things done through people)
Follet dalam  Steers,
Ungson, Mowday
(1985)

2.
Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan
organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian,  pengarahan dan pengendalian orang- orang serta sumber daya organisasi lainnya

Nickles, Mc. Hugh and
Mc. Hugh(1997)

3.
Management is as the process of planning, organizing,
directing, and controlling the activities of employee in combination with other organizational resources to accomplish stated organizational goals.

Steers, Ungson, Mowday (1985)

4.
Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait
dengan pencapaian tujuan
Erni & Kurniawan
(2005)


Berdasarkan  beberapa  pengertian  di atas, manajemen  dimaknai  sebagai  sebuah proses merencanakan (planning), mengorganisasikan (organizing), memimpin (leading), dan mengawasi (controlling) usaha anggota-anggota organisasi agar tercapai  tujuan  organisasi  serta  penggunaan  seluruh  sumber  daya  organisasi efektif dan efisien. Proses manajemen akan terjadi apabila seseorang melibatkan orang  lain  untuk  menyelesaikan  suatu  pekerjaan,  karena  fakta  menunjukkan bahwa untuk mencapai tujuan organisasi, manajer tidak dapat melakukan sendiri tugas tersebut tanpa bantuan orang lain atau pegawai.



Proses  di atas, menunjukkan  bahwa  pada manajemen  atau pengelolaan  terlihat upaya   atau   kegiatan   seseorang,   untuk   mengelola/mengatur/menata   terhadap sumber daya manusia dan sumber daya lainnya, sehingga mencapai suatu tujuan yang diharapkan.  Manajemen  juga mempunyai  pengertian  sebagai suatu proses bagaimana  seseorang  dapat  memberdayakan  berbagai  sumberdaya  agar  lebih efektif dan efisien. Definisi-definisi tersebut menggambarkan bahwa manajemen merupakan seni penyelesaian dalam mencapai suatu tujuan dimana di dalamnya terdapat proses yang meliputi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), memimpin dan mengarahkan (leading/directing/actuating), dan pengawasan  (controlling)  dengan memberdayakan  semaksimal mungkin seluruh sumber daya yang ada.

Manajer     merupakan     seorang     yang     aktif     membuat     rencana-rencana, mengkoordinasi, melakukan percobaan dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan   bersama-sama.   Wahjosumidjo   (2001)   mendefinisikankan   manajemen sebagai  proses  perencanaan,  pengorganisasian,  memimpin  dan  mengendalikan usaha-anggota-anggota organisasi serta pendayagunaan seluruh sumber daya organisasi  dalam  rangka  mencapai  tujuan  yang  telah  ditetapkan.  Manajemen adalah seni, dan ilmu perencanaan  dan pengorganisasian,  penyusunan  pegawai, pemberian perintah, dan pengawasan terhadap manusia and natural resources terutama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu.

Dengan demikian,  manajemen  disimpulkan  sebagai sistem yang diterapkan  jika terdapat  kerjasama,  pimpinan  dan  yang  dipimpin,  manajer  dan  sistem  yang dikelola.  Seorang  manajer  atau  pemimpin  adalah  orang  yang  mampu menggerakkan  bawahannya  untuk mencapai keuntungan yang sebesar-besarnya,



tanpa merugikan bawahannya. Seorang manajer atau pemimpin juga adalah seseorang  yang  mempunyai  keahlian  memimpin,  mempengaruhi pendirian/pendapat orang atau sekelompok orang tanpa menanyakan alasan- alasannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments

Post Bottom Ad

Pages