Pengertian Manajemen
Kata manajemen
berasal dari bahasa Latin, dari asal kata manus
yang berarti tangan dan agere yang
berarti melakukan. Kedua kata tersebut
digabung menjadi sebuah kata kerja
manage yang artinya menangani. Managere diterjemahkan
dalam bahasa Inggris
dengan bentuk kata kerja to manage,
dan kata bendanya adalah management, dan
manageradalah orang yang melakukan kegiatan management. Dengan
demikian, manajemen mempunyai tiga unsur pokok yaitu: (1)
adanya tujuan yang
ingin dicapai, (2)
tujuan dapat dicapai
dengan
menggunakan kegiatan orang lain, dan (3)
kegiatan-kegiatan orang lain itu harus dibimbing dan diawasi.
Manajemen bermakna adanya maksud
untuk
mencapai tujuan tertentu dari kelompok atau organisasi yang
bersangkutan. Sedangkan untuk mencapainya suatu perencanaan yang baik, pelaksanaan yang konsisten dan pengendalian yang berkesinambungan,
dengan
maksud agar tujuan yang diinginkan
dapat
tercapai dengan efisien dan efektif.Efisien dapat dikatakan
suatu kondisi atau
keadaan, dimana penyelesaian suatu pekerjaan
dilaksanakan
dengan
benar
dan
dengan
penuh kemampuan
yang dimiliki.Sedangkan efektivitas adalah suatu kondisi atau keadaan dimana dalam memilih tujuan yang hendak dicapai menggunakan
sarana ataupun peralatan
yang tepat, disertai dengan kemampuan yang dimiliki, sehingga tujuan yang diinginkan dapat dicapai dengan hasil yang memuaskan.
Berikut ini beberapa pengertian manajemen menurut terminologis yang dikemukakan para pakar manajemen, diantaranya:
Tabel 2.1PengertianManajemen
No.
|
Pengertian Manajemen
|
Pendapat
|
1.
|
Seni dalam menyelesaikan
sesuatu melalui orang lain (The
art of getting things done through people)
|
Follet dalam Steers,
Ungson, Mowday
(1985)
|
2.
|
Sebuah proses yang dilakukan untuk
mewujudkan tujuan
organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa
perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan dan pengendalian orang-
orang serta sumber daya organisasi lainnya
|
Nickles, Mc. Hugh and
Mc. Hugh(1997)
|
3.
|
Management is as the process of planning,
organizing,
directing, and controlling the activities of employee
in combination with other
organizational resources to accomplish stated organizational goals.
|
Steers, Ungson,
Mowday (1985)
|
4.
|
Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait
dengan pencapaian tujuan
|
Erni & Kurniawan
(2005)
|
Berdasarkan beberapa pengertian di atas, manajemen dimaknai sebagai sebuah proses
merencanakan (planning), mengorganisasikan (organizing), memimpin (leading), dan mengawasi (controlling)
usaha anggota-anggota organisasi agar tercapai tujuan
organisasi
serta
penggunaan
seluruh
sumber
daya organisasi efektif dan efisien. Proses manajemen akan terjadi apabila seseorang melibatkan
orang lain untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, karena fakta menunjukkan bahwa untuk mencapai tujuan organisasi, manajer tidak dapat melakukan sendiri tugas tersebut tanpa bantuan orang lain atau pegawai.
Proses di atas, menunjukkan bahwa pada manajemen atau pengelolaan terlihat
upaya atau kegiatan
seseorang, untuk
mengelola/mengatur/menata terhadap
sumber daya manusia
dan sumber daya lainnya, sehingga
mencapai suatu tujuan yang diharapkan. Manajemen juga mempunyai
pengertian sebagai suatu proses bagaimana seseorang dapat
memberdayakan
berbagai
sumberdaya
agar lebih efektif dan efisien. Definisi-definisi tersebut menggambarkan bahwa manajemen merupakan seni penyelesaian dalam mencapai suatu tujuan dimana di
dalamnya terdapat proses yang
meliputi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), memimpin dan mengarahkan (leading/directing/actuating), dan pengawasan (controlling)
dengan memberdayakan semaksimal mungkin seluruh sumber daya yang ada.
Manajer merupakan
seorang yang
aktif
membuat rencana-rencana,
mengkoordinasi, melakukan percobaan
dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama-sama. Wahjosumidjo (2001)
mendefinisikankan manajemen sebagai proses perencanaan,
pengorganisasian,
memimpin
dan mengendalikan
usaha-anggota-anggota organisasi serta pendayagunaan seluruh sumber daya organisasi dalam rangka
mencapai
tujuan
yang telah ditetapkan. Manajemen adalah seni, dan ilmu perencanaan dan pengorganisasian,
penyusunan pegawai, pemberian perintah,
dan pengawasan terhadap manusia
and natural resources terutama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih
dahulu.
Dengan demikian,
manajemen disimpulkan sebagai sistem yang diterapkan jika terdapat
kerjasama,
pimpinan
dan yang
dipimpin, manajer dan sistem yang dikelola.
Seorang
manajer
atau
pemimpin
adalah
orang
yang mampu menggerakkan
bawahannya untuk
mencapai keuntungan yang sebesar-besarnya,
tanpa merugikan bawahannya. Seorang manajer atau pemimpin juga adalah
seseorang yang
mempunyai keahlian memimpin, mempengaruhi pendirian/pendapat orang atau sekelompok orang tanpa menanyakan alasan-
alasannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar