Sebagai pendahuluan, kami sedikit memberikan
penjelasan tentang sumbangan efektif regresi. Sumbangan efektif sebuah regresi
linear, baik itu sederhana maupun ganda, digunakan untuk melihat seberapa besar
kontribusi (pengaruh) variabel bebas terhadap variabel terikat.
Contoh:
Misalkan, sebuah penelitian dengan variabel bebas
periklanan (X1) dan personal selling (X2) dan variabel terikatnya adalah volume
penjualan (Y) mempunyai sumbangan efektif sebesar 0,436.
Interpretasinya adalah bahwa variabel periklanan dan
personal selling dapat mempengaruhi volume penjualan hingga 43,6% (0,436 x
100), sedangkan sisanya (100 – 43,6 = 56,4%) dipengaruhi oleh variabel lain di
luar penelitian.
Bagaimana Cara Menentukan Besarnya Sumbangan Efektif
Regresi Linear?
Besarnya sumbangan efektif tersebut dilihat dari
nilai R Square atau Adjusted R Square. Mengapa ada dua pilihan? Begini kriteria
penentuannya:
Apabila teknik analisis datanya hanya terdiri dari satu sampai dua variabel bebas, kita menggunakan R Square, tetapi apabila jumlah variabel bebasnya lebih dari 2 (dua) maka lebih baik menggunakan Adjusted R Square yang nilainya selalu lebih kecil dari R Square (Totalia & Hindrayani, 2013).
Bagaimana Cara Mencari Nilai R Square dan Adjusted R
Square dengan SPSS?
Berikut kami tampilkan langkah-langkah mencari nilai
R Square dan Adjusted R Square dengan menggunakan software IBM SPSS 21. Seperti yang selalu kami katakan, bahwa meskipun
kita di sini menggunakan software IBM
SPSS 21, tetapi langkah-langkah yang kami tampilkan dalam artikel ini bisa juga
diterapkan di software IBM SPSS versi
sebelumnya (20, 19, bahkan 16 dan 17).
Okay, langsung saja, berikut langkah-langkahnya:
Kita melanjutkan contoh di atas, misalkan kita
melakukan penelitian tentang pengaruh periklanan dan personal selling terhadap volume penjualan perusahaan maju jaya.
Data yang diperoleh sebagai berikut:
No
|
Periklanan (X1)
|
Personal Selling (X2)
|
Volume Penjualan (Y)
|
1
|
29
|
22
|
31
|
2
|
24
|
19
|
25
|
3
|
26
|
18
|
27
|
4
|
28
|
21
|
27
|
5
|
29
|
18
|
26
|
6
|
27
|
22
|
27
|
7
|
23
|
17
|
26
|
8
|
32
|
31
|
36
|
9
|
23
|
21
|
31
|
10
|
32
|
28
|
36
|
11
|
27
|
23
|
32
|
12
|
32
|
28
|
36
|
13
|
25
|
17
|
24
|
14
|
21
|
21
|
25
|
15
|
24
|
21
|
26
|
16
|
25
|
18
|
27
|
17
|
25
|
20
|
27
|
18
|
29
|
18
|
23
|
19
|
23
|
18
|
24
|
20
|
32
|
30
|
36
|
1. Langkah pertama adalah input data tersebut ke
dalam lembar kerja SPSS 21 (kami asumsikan anda sudah bisa melakukan input data
ke dalam lembar kerja SPSS)
2. Langkah Kedua adalah Klik Analyze -->
Regression --> Linear…
3.
Setelah itu akan muncul window baru, kemudian masukkan variabel Y (Volume
Penjualan ke dalam kotak ‘Dependent’ dan variabel X1 dan X2 (Periklanan dan Personal Selling) ke dalam kotak
‘Independent’
4. Klik ‘OK’ untuk Mengakhiri
5. Akan Muncul Output Seperti di Bawah ini, yang Digunakan
Hanya ‘Model Summary’
6. Interpretasi
Di dalam Tabel Model Summary akan langsung muncul
nilai R Square dan Adjusted R Square, kita tinggal memilih mana yang akan
digunakan berdasarkan ketentuan yang telah kami jelaskan di atas.
Karena kita hanya menggunakan 2 variabel bebas
(periklanan dan personal selling) maka yang digunakan adalah R Square yaitu
sebesar 0,847 atau 84,7%.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa besarnya
pengaruh variabel periklanan dan personal
selling terhadap volume penjualan adalah 84,7% sedangkan sisanya (15,3%) dipengaruhi
oleh variabel lain di luar penelitian.
Demikian sedikit tutorial tentang mencari nilai
sumbangan efektif regresi dengan IBM SPSS 21, selamat mencoba dan semoga
bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar